Monday 7 December 2015

Tugas Sekolah Pakai Linux? No Problem!

Halo semuanya, selamat datang di blog saya, pada post kali ini saya akan membahas mengenai pengerjaan tugas sekolah dengan sistem operasi Linux. Saya sudah berkenalan dengan Linux sejak SMA kelas 11, jadi disini saya dapat sedikit berbagi bagaimana saya mengerjakan tugas sekolah saya dengan Linux.


Linux dapat dijadikan sebagai media pendukung siswa dalam belajar
Sumber : imgur.com

Saat SMA kelas 2, dalam mata pelajaran Prakarya, kami mempelajari tentang HTML, disini kami belajar HTML menggunakan teks editor Notepad dan web previewnya adalah Internet Explorer, karena saya menggunakan Linux, maka saya mengganti text editor Notepad dengan Gedit dan Atom, sebagai web previewnya saya ganti Internet Explorer dengan menggunakan Mozilla Firefox. Dengan menggunakan Linux dalam belajar html saya tidak menemukan kesulitan yang berarti.

Kemudian saat SMA kelas 3 tetap dalam pelajaran prakarya, kami mempelajari tentang pembuatan animasi dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash Pro 8. Nah disini saya cukup bingung harus apa karena aplikasi ini benar-benar hanya untuk Windows dan saya belum ahli menggunakan Flash Pro sehingga saya memutuskan untuk menggunakan WINE untuk menjalankan aplikasi Macromedia Flash Pro 8, selama belajar saya menggunakan versi portable yang tidak memiliki masalah lisensi. Dan program ini dapat berjalan lancar di WINE tanpa masalah.


LibreOffice adalah aplikasi perkantoran yang setara dengan Microsoft Office
Sumber: www.extremetech.com

Nah tugas diatas adalah yang saya hadapi dalam pelajaran Prakarya, dibawah ini adalah tugas yang biasanya sering dihadapi oleh para siswa, yaitu:

Presentasi. Presentasi dengan menggunakan Linux sih tidaklah sulit, Linux juga memiliki banyak aplikasi perkantoran (Office) yang didalamnya terdapat aplikasi untuk presentasi. Selama menggunakan Linux, saya presentasi menggunakan aplikasi LibreOffice Impress dan WPS Presentation, jika file presentasi akan dikumpul ke guru, saya menggunakan format .odp dan .ppt,  format .odp saya gunakan untuk presentasi, sedangkan untuk .ppt saya gunakan untuk dikumpulkan ke guru saya, untuk menyimpan dalam format .ppt saya menggunakan aplikasi WPS Presentation untuk membuka file .odp dan diedit kembali untuk disimpan kedalam bentu .ppt, saya memilih cara ini karena .ppt pada WPS Presentation dapat dibaca oleh Microsoft PowerPoint 2007 (pada saat itu). Saya lakukan hal tersebut karena guru di sekolah saya rata-rata menggunakan Microsoft PowerPoint 2010 keatas.

Mengetik, sudah pasti kita akan mendapatkan tugas mengetik dari sekolah. Dengan menggunakan Linux saya tidak perlu khawatir karena Linux memiliki aplikasi untuk mengolah kata. Saya menggunakan aplikasi LibreOffice Writer dan WPS Word. Mengapa saya menggunakan 2 aplikasi? Karena jika saya memiliki tugas individu, saya dapat menyelesaikannya dengan LibreOffice Writer karena aplikasi ini lebih ringan sedangkan jika tugas yang diberikan adalah tugas kelompok, saya menggunakan WPS Office karena file .doc WPS Office saat itu dapat dibaca di Office Word 2007.

Nah selain itu, terkadang terdapat beberapa tugas lain seperti membuat video klip, disini sebenarnya saya ingin menggunakan Cinelerra namun karena waktu pengumpulan sudah tinggal 1 hari dan video ada diteman saya maka ia yang mengedit video tersebut. Saya sempat mencoba aplikasi tersebut, didalamnya terdapat banyak sekali fitur-fitur termasuk fitur yang canggih seperti Green Screen. Menurut saya Cinelerra ini aplikasi video editor yang kualitasnya tidak diragukan lagi.

Sekian dulu post saya kali ini, terima kasih sudah mengunjungi blog saya, mohon maaf jika saya ada salah kata, bagi ada yang mau berbagi tentang pengalaman saat menggunakan Linux dapat berbagi melalui kolom komentar. Go Open Source :).

No comments:

Post a Comment